Qbasic adalah sebuah bahasa pemograman tingkat tinggi yang
merupakan salah satu versi dari
bahasa BASIC (kependekan dari Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code, merupakan
bahasa yang biasa dipakai untuk belajar memprogram).
Qbasic dibuat oleh Microsoft Corporation dan tersedia pertama kali mulai pada DOS 5.0.
Qbasic merupakan bahasa pemrograman tingkiat tinggi karena
pemrograman Qbasic menggunakan bahasa yang mendekati bahasa manusia(english).Dalam
pemrograman Qbasic sangat syarat sekali mengenai algoritma karena sebelum
membuat suiatu program seharusnya kita membuat alur perumusan masalah tentang
program apa yang akan kita buat.
di bawah ini adalah perintah-perintah dasar Qbasic.
Perintah Dasar dalam QBasic :
· INPUT : perintah untuk memasukkan variabel/ data
ke dalam program.
· DIM : perintah untuk mendeklarasikan variabel.
· PRINT : perintah untuk menampilkan data
inputan/ teks pada layar monitor.
· WRITE : perintah untuk menuliskan data inputan/
teks pada layar. Hampir sama dengan perintah PRINT.
· CLS : perintah untuk membersihkan layar
(Clean Screen).
· FOR-NEXT : salah satu bentuk perintah perulangan.
· IF - THEN : perintah untuk melakukan
suatu perintah apabila sesuai kondisi yang diinginkan.
TIPE DATA Dalam Qbasic
Tipe data adalah jenis data yang digunakan dalam bahasa
pemrograman.
Beberapa tipe data yang sering digunakan antara lain :
a. String : tipe data untuk teks / alphabetic
b. Integer : tipe data numeric. Berisi
angka-angka bulat (terbatas) kurang lebih 30.000
c. single : Tipe Data yang berisi angka
pecahan(desimal)
d. double : berisi Tipe data pecahan (desimal)
kurang lebih 21.000.000
e. Boolean : tipe data yang hanya berisi TRUE
atau FALSE
Fungsi Pengolahan Data String
tujuan dari fungsi pengolahan data string adalah suatu kumpulan
fungsi string yang digunakan unuk menyelesaikan masalah
NAMA
|
FUNGSI
|
CONTOH
|
STRING $ (n,x$)
|
Mengulang x$ sebanyak n kali
|
STRING$ (5,M)=MMMMM
|
LEN$ (x$)
|
Mendapatkan jumlah dari x$
|
LEN$ (“Opil”)= 4
|
INSTR (x$,y$)
|
Mencari posisi string
|
INSTR (“Opil”,”pil”) = 2
|
ASC (x$)
|
Memperoleh nilai ascy
|
ASC (“A”) =65
|
CHR$ (n)
|
Memperoleh nilai karakter dengan nilai
ascy n
|
CHR$ (65) = A
|
LCASE$ (x$)
|
kapital jadi kecil
|
LCASE$ (“QBASIC”) = qbasic
|
UCASE$ (x$)
|
Kecil menjadi kapital
|
UCASE$ (“qbasic”) = QBASIC
|
LEFT$ (x$,n)
|
Memperoleh n karakter dimulai dari kiri
|
LEFT$ (“OPIL”,2) = op
|
RIGHT$ (x$,n)
|
Memperoleh n karakter dimulai dari
kanan
|
RIGHT$ (“opil”,2) = il
|
MID$ (x$,m,n)
|
Memperoleh karakter daari m-n
|
MID$ (“opilgarink”,5,6) = garink
|
STR$ (n)
|
Nilai numerik jadi string
|
STR$ (69) = “69”
|
VAL$ (x$)
|
String menjadi numerik
|
VAL$ (“69”) = 69
|
PERULANGAN
Perulangan digunakan untuk mengulang kondisi yang memiliki
kesamaan perintah.
FOR-NEXT
for i= … to n
perintah
next i
for i= … to n
perintah
next i
FOR-NEXT-STEP
for i= …to n step -x/x
perintah
next i
DO-WHILE-LOOP
i%=1
do while i% < n
perintah
loop
i%=1
do while i% < n
perintah
loop
DO-LOOP-WHILE
i%=1
do
perintah
loop while i% < n
i%=1
do
perintah
loop while i% < n
DO-UNTIL-LOOP
i%=1
do until i% < n
perintah
loop
i%=1
do until i% < n
perintah
loop
DO-LOOP-UNTIL
i%=1
do
perintah
loop until i% < n
i%=1
do
perintah
loop until i% < n
WHILE-WEND
i%=1
while i% < n
perintah
wend
i%=1
while i% < n
perintah
wend
Percabangan
percabangan dalam Qbasic digunakan untuk menangani kondisi/
perintah berurut.
IF kondisi THEN
perintah
ENDIF
perintah
ENDIF
IF kondisi THEN
perintah
ELSE
peintah
ENDIF
perintah
ELSE
peintah
ENDIF
IF kondisi 1 THEN
perintah 1
perintah 1
ELSEIF kondisi 2 THEN
perintah 2
perintah 2
ELSEIF kondisi 3 THEN
perintah 3
perintah 3
ELSEIF kondisi …n… THEN
perintah …n….
ENDIF
SELECT CASE variable
CASE kondisi 1
perintah 1
CASE kondisi 2
perintah 2
CASE kondisi 3
perintah 3
CASE kondisi ..n..
perintah …n…
CASE ELSE
perintah
END SELECT
perintah …n….
ENDIF
SELECT CASE variable
CASE kondisi 1
perintah 1
CASE kondisi 2
perintah 2
CASE kondisi 3
perintah 3
CASE kondisi ..n..
perintah …n…
CASE ELSE
perintah
END SELECT
Penamaan variable
1. Nama variable bisa mencapi 40 karakter
2. Huruf dimulai dengan Huruf
3. Sesudahnya dapat berupa angka atau huruf
4. Tanda khusus ( %$#!& ) diletakkan pada akhir variable
Jenis variabel :
% = integer
& = long
! = single
# = double
$ = string
Operasi Aritmatika :
^ = pangkat
* = perkalian
/ = pembagian pecahan
\ = pembagian bulat
mod = sisa pembagian
+ = penjumlahan
- = pengurangan
Operator Relasi :
> = lebih dari
< = kurang dari
>= = lebih dari atau sama dengan
<= = kurang dari atau sama dengan
= = sama dengan
<> = tidak sama dengan
Operator Logika :
Not
fungsi : bukan
contoh : not 3 ( bukan tiga )
And
fungsi : menghasilkan nilai antara
contoh : (a>10) and (A<20) nilai antara 11 – 19
Or
fungsi : menghasilkan nilai tepat
contoh : (a>10) or (a<20) nilai antara 10-20
Sumber:
Tidak ada komentar :
Posting Komentar