Minggu, 08 Maret 2015

BAB 1. TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR



A.PENDAHULUAN
Mata kuliah Ilmu budaya dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai kebudayaan,tentang berbagai macam masalah yang dihadapi oleh manusia dalam hidup sehari-hari.hal ini perlu,karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan cenderung membuat manusia-manusia yang tidak berwawasan luas.
Oleh karna itu dengan adanya mata kuliah ini diharapkan kegunaan mata kuliah ini,agar lulusan universitas kita ini dari semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan bahan pembicaraan.
Dengan diadakan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, Mahasiswa/i diharapkan memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut,supaya mahasiswa/i diharapkan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri dengan kreatif.jadi diharapkan memperlihatkan minat,keberanian,kesadaran.

B. ILMU BUDAYA DASAR BAGIAN DARI MKDU(Mata Kuliah Dasar Umum)
      Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah di dalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup jasmani dan juga rohani.
      Popok-popok dari lahirnya IBD(Ilmu Budaya Dasar) sebagai MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) yaitu:
1.    Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai.
2.    Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3.    Memiliki wawasan komprehensif dan pendekaan integral dalam menyikapi masalah.
4.    Memiliki wawasan budaya yangluas tentang kehidupan masyarakat.


C. PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

     Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

     Menurut Prof.Dr.Harsya Bachtiar Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 bagian,yaitu:
a.    Ilmu-ilmu alamiah(Natural Science ):bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat di alam semesta.
b.    Ilmu-ilmu social (Social Science):bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
c.    Pengetahuan budaya(The Humanities):bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.

D. TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

       Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa/i dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya,baik menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun yang manyangkut dirinya sendiri.

Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar di harapkan dapat:

1.    Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya.
2.    Mengembangkan daya kritis terhadap masalah kemanusiaan dan budaya.
3.    Sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara ahli di bidangnya,tidak jatuh dalam sifat kedaerahan dan pengkotaan disiplin ilmu yang ketat.
4.    Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.


E. RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

       Berdasarkan definisi mengenai Ilmu Budaya Dasar yang telah dijelaskan sebelumnya,terdapat beberapa aspek yang terkandung di dalamnya. Aspek-aspek tersebut adalah:

·         Aspek kehidupan yang intinya mengenai dan mengungkapkan masalah kemanusia dan kebudayaan dengan pendekatan pengetahuan budaya (The Humanities),dari berbagai macam segi disiplin ilmu kebudayaan atau keahlian maupun ikmu-ilmu gabungan.
·         Hakekat manusia yang universal,namun yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam,social dan budaya ,manusia tidak hanya mewujudkan seragam,sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan,pikiran dan perasaan,tingkah laku,dan hasil kelakuan meraka.

Melihat dari masalah di atas,keduanya merupakan inti masalah pokok yang di bahas dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Pengkajian manusia menjadi objek utama dalam mata kuliah ini. Bagaimana hubungan manusia dengan alam,dengan sesame manusia,dirinya sendiri,nilai-nilai moral dan bagaimana pula hubungan manusia dengan tuhannya menjadi tema sentral dalam Ilmu Buda Dasar.

Pokok bahasan yang akan di kembagkan adalah:
o Manusia dan cinta kasih
o Manusia dan keindahan
o Manusia dan penderitaan
o Manusia dan keadilan
o Manusia dan pandangan hidup
o Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
o Manusia dan kegelisahan
o Manusia dan harapan


       Kedelapan pokok bahasan itu termasuk karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya. Perwujudanmengenai ciinta,misalnya terdapat dalam karya sastra,tarian,music,filsafat,lukisan,patung dan sebagainya. Masing-masing pokok bahasan dapat didekati dengan baik menggunakan cabang-cabang pengetahuan budaya secara sendiri-sendiri maupun secara gabungan cabang-cabang tersebut.pokok bahasan manusia dan cinta kasih misalnya,dapat disamping itu pokok bahasan manusia dan cinta kasih juga dapat didekati dengan menggunakan gabungan karya seni sastra,karya seni tari,filsafat  dan sebagainya.

2 komentar :

  1. Artikel ini sangat membantu. Memberikan informasi tentang Ilmu budaya Dasar. Anda juga dapat mengunjungi website UG Library untuk referensi lainnya.Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas infonya yang sangat membantu kak
    galeri budaya

    BalasHapus